Jumat, 28 September 2012

Melowww..

cerita ini tentang adikku Dona (namanya kyk perempuan tapi dia lelaki tulen lho),nama panjangnya Berryanto Maradona..tp dikeluarga manggil dia `Dona` begitu ada iklan Nescafe duluuu banget yg ada adegan pemain iklan tsb nyapa perempuan cantik lagi minum kopi: "selamat pagi Donaaaa..." sejak itulah dia ngerubahin panggilan donanya ke temen2 nya pake nama `berry`!
aku gak begitu kenal sifat ``asli`nya krn kami sdh berpisah sejak aku kelas 4SD,aku n dia beda setahun umurnya, jd aku tau perkembangan dia ya dari tante tanteku,entah pergaulan di kampung atau emang nasib lelaki di keluarga besarku kyknya 80% sepupuku yg lelaki termasuk adikku semua putus sekolah ditengah jalan..ada yg cuman tamat SD aja,ada yg sama sekali gak tamat SD,ada yg smp ada juga yg berhasil pada akhirnya tamat SMU dgn ikut kejar paket..semua krn malas dan keluarga kyknya memaklumi (mungkin saking banyaknya sepupu2 yg lelaki yg lainnya pada punya sikap n sifat yg sama jd udah gak anehhh di keluargaku)..dibilang otaknya lemah juga gak lho..aku rasa emang keluargaku kurang `keras` thp anak, jd anaknya agak dimanjakan kalo anak salah kyk dicuekin rasanya..ibaratnya malah `si ortu malah takut dgn anak`,kesannya aku dapetin begitu rasanya !tapi kenapa aku dulu malah gak gitu ya..malah adikku ini berbakat dgn musik bisa maen drum,gitar dan biola..tp krn gak ada modal bakat itu akhirnya cuman selingan saja..dulu dia sering manggung di panggung pernikahan dikampungku..dan keliling kampung2 sebelah juga^^ kalo di menyanyi juga bagus lho..
adikku udah menikah skrg dan udah punya anak cewek cantik bernama `VIONA`..sifat adikku yg aku ingat (waktu kecil) dia suka ngambek..tiba2 minta drum sama ibuku..(ortuku bercerai sejak aku umur 3thn,jd aku n adik diasuh oleh nenek) dan aku diboyong tanteku ke Bandung waktu aku kelas 4SD lalu kelas 5 aku diboyong lagi ke tanteku yg gak punya anak cewe (saat itu) ke Bali..sampe aku tamat SMA lalu kuliah di bdg lalu balik lagi ke Bali..begitulah jdnya aku gak begitu kenal dgn sifat2 `asli` adikku..krn tgl serumahpun waktu aku kecil yg memorinya cuman inget sekilas saja..lalu sejak di Bali aku gak pernah pulang kampung..aku pulang kampung waktu aku tamat SMA dan setelah punya gaji sendiri saja..adikku malah nasebnya berpindah2 setlah nenek meninggal dia tgl sama bapakku,lalu beberapa bulan kemudian pindah lagi ke ibuku,ke tanteku dst dst..di keluargaku ikatan bibi/om itu sangat kuat sama tante itu sama aja kayak sama ibu sendiri..semua saling menyayangi n membantu..itu plus keluargaku..^^
jadi adikku gak pernah ngerasain sekolah dgn normal..(mungkin krn adikku gak mau ngebebanin ortuku yg sampe skrgpun masih kekurangan..)pernak masuk SMP di bandung dgn complicated hidup adikku malah salah pergaulan..jdnya ngebolos terus..malah waktu aku kuliah di bdg aku ernah liat adikku ngamen di lampu merah wastukencana bdg.sedihh miriss..begitu berkunjung ke kostnya deket sungai belakang Unisba tsb..aku sedihhhhh asliiii (sampe skrg)
dia gak pernah menikmati kemewahan, pengetahuan n pendidikannya kurang, dia skrg (sejak dia dewasa) gak penah mengeluh, dia mau kerja apa aja tapi kenapa dia begitu bekerja keras naseb baik belum berpihak sama dia..malah aku menyalahkan diriku sendiri kayaknya aku dilain pihak sangat bertolak belakang dgn adikku..aku tau luar negeri, aku sering jalan2, aku sering makan2 di restoran..aku sarjana..sedangkan dia?
saat aku kuliah..dia berjuang keras dgn menjual kacamata di pantai, saat aku nongkrong sama temen2 kuliahku, disatu sisi dia ngamen diangkot, saat aku makan enak dia sedang ngejual baju bekas (baju batam) di pasar..dan dia gak pernah ngeluhhh..adikku emang suka berbisnis tapi bisnisnya gak pernah awet, belum beberapa tahun dia sudah memulai bisnis yg baru..dia gak sabaran orangnya..gak suka menunggu..skrg dia bisnis jual bensin eceran dikampungku,buka toko pulsa..istrinya nunggu toko dia malah masuk hutan di medan nyai emas sama om ku di pertambangan..pekerjaan yg berat dan keras..krn panass ya emas jadi byk org yg suka berantem..resiko tinggi tapi lagi-lagi dia kurng sukses biasa2 aja..
dulu aku sering kirim uang sedikit utk dia, tp aku gak tau apa dia suka/tidak..aku suka kirim baju utk anaknya (waktu aku di Bali) tapi dia gak terlalu tertarik dgn kirimanku..krn wajahnyapun terlihat biasa2 aja..sampe2 aku berpikir apa dia marah ya apa cemburu ya dgnku..saat ini aku malah stay di luar negeri dia masih harus berjuang di kampung..skrg denger2 dia mau bisnis pembayaran telpon/listrik online gitu..tapi dia gak pernah mau minta modal ke aku,lebih baik dia pinjem ke bank ketimbang minta ke aku..T_T
waktu aku sblm ke jep aku sempet pulkam, dia aku kasih uang dia malah menolak..sediihhhhhh asliiii..aku merasa dia gak mau menerima batuan dariku..entah mungkin bagi dia aku kakak seperti apa?apa aku terlalu sombong?
padahal jauhhh dari lubuk hatiku ini aku pengen banget ngebahagiain dia..pengen ngajak dia jalan2..pengen ngasih yg dia sukaaa...tp aku masih belum bisaaa krn aku juga gak punya uang lebihhh..dan aku takut dia malah menolak spt aku ksh uang itu..tapi aku liat adikku ini gampang selalu percaya omongan orang lho..gampang emosi..sensitif berat...dan omongan orang tsb terkadang dia gak pernah ngebahas itu bener/gak..atau mencari fakta kebenarannya..itu sifat jeleknya..
ternyata walopun sedarah sedaging..kalo sudah namanya terpisah ikatan batin itu kok akhirnya memudar ya di dia?entahhh apa yg harus aku lakukan?semoga suatu saat saya bisa ngebahagiain adikku n keluarganya juga aminn
(btw kalo di telpon dia biasa2 aja lho..bukan secara jelas melihat kejanggalannya tapi kenapa feelingku mengatakan dia ada `kecewa/dendam sama aku ya`..)semoga hanya perasaaanku saja..semoga dia juga menyayangi aku..maafin ya don kakakmu ini..

 (*adikku yg pake peci putih itu)



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

sepi ya..koment donk!!